Sejarah Singkat  Visi & Misi  Struktur Organisasi  Layanan Ruang Baca  Koleksi 
 Menu Utama
Depan
Buletin Khazanah
Buku Tamu
Materi Unduhan
MUSEUM & PAMERAN VIRTUAL
Galeri Foto
Galeri Film
 Aspirasi UGM
aspirasi ugm
 Link Terkait
UGM
Unesco Archives Portal
ANRI
ICA
ARMA
 File Unduhan
  Khazanah Maret 2014
  Khazanah November 2013
  Khazanah Juli 2013
  Khazanah Maret 2013
  Buletin Khazanah November 2012
  Buletin Khazanah Juli 2012
  Buletin Khazanah Maret 2012
  Materi Seminar Nasional Kearsipan 2011
  Arsip Audio Visual
  Buletin Khazanah November 2011
more...
  BUKU TAMU
 24/04/2012 19:17
 Muhammad Fatahillah
apa sich yang di pelajari dalam mata kuliah kearsipan?????
Setahu kami, kalau matakuliah "Kearsipan" tidak ada, yang ada matakuliah "Pengantar Ilmu Kearsipan". Tetapi kalau yang dipelajari di Prodi D3 Kearsipan, atau S1 Kearsipan (di Indonesia S1 Kearsipan belum ada), atau S2 Kearsipan, banyak. Ada matakuliah pengantar, ada matakuliah inti seperti manajemen arsip elektronik, arsip audio visual, dll., dan matakuliah penunjang seperti eksibisi arsip, etika profesi, dll.
 24/04/2012 17:38
 afifah
Apakah buletin ini menerima tulisan dari luar lingkungan UGM ? jika menerima dialamatkan ke mana tulisannya ?
silahkan kirimkan naskah tulisan anda ke email kami (arsip[at]ugm.ac.id)
 14/04/2012 10:46
 desy selviana
kapan lomba tulisan ilmiah lagi. makasih
Tunggu saja mbak Silviana
 11/04/2012 18:44
 uci rahma
bagaimana tentang aksesibilitas berdasr undang-undang No 43 tahun 2009 tentang kearsipan dan undang-undang No 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik?? tolong di jawab ya mohon bantuanya...
Untuk arsip statis yang disimpan di lembaga kearsipan (ANRI, Badan Arsip Prop, Kantor Arsip Kab/kota, dan Arsip perguruan tinggi) prinsipnya terbuka untuk publik. Adapun untuk arsip dinamis lihat selengkapnya dalam Peraturan Kepala ANRI no. 26 tahun 2011.
 09/04/2012 11:44
 redys
yth.bpk/ibu, saya mau bertanya tentang prosedur sistem pelayanan arsip aktif di instansi. terima kasih sebelumnya
Penjelasan tentang prosedur layanan internal (arsip dinamis aktif) agak panjang. Prinsipnya ada dua model layanan, yakni layanan konvensional (menggunakan kartu peminjaman) dan layanan remote (melalui jaringan menggunakan program/software semacam Sistem Informasi Kearsipan Dinamis-SIKD)
 09/04/2012 10:24
 osa
bagaimana JRA untuk naskah serah terima jabatan?
Naskah serah terima jabatan termasuk arsip kepegawai dan masuk ke berkas kepegawaian. Adapun JRA-nya mengikuti JRA Kepegawaian.
 28/03/2012 08:47
 Gung Tri
yang termasuk arsip vital apa saja
Sebenarnya banyak referensi tentang Arsip Vital (atau lengkapnya Program Arsip Vital). Misalnya Bukunya Suhardo," Program Arsip Vital", terbitan Kanisius. Atau Bukunya Betty R. Ricks, et.al., "Information and Image Management", Part 3, Bab. 9.
 27/03/2012 13:49
 demz
Di ugm ada kartu asistensi tidak untuk laporan praktikum komputer?
Mohon maaf, Arsip UGM tidak punya.
 20/03/2012 12:22
 jefrial
yth.pengelola web, mhn kirimkan pedoman kearsipan inspektorat
Mohon maaf, kami tidak dapat memenuhi permintaan saudara. Biasanya tiap institusi setingkat inspektorat menerbitkan sendiri pedoman kearsipannya.
 14/02/2012 21:05
 Wening Prasetiyo P
yth bpk Kepala Arsip UGM, adakah materi/soft file tentang prosedur pengelolaan email ataupun pengelolaan dokumen elektronik? kalau ada, mhon dpt dkrimkn ke alamat email sy. Sbelumnya, terima kasih sebesar-besarnya..
Kami ada 2 buku pengelolaan email sebagai official record dan public record, karangan Elenoir Russell dan David Cloy, nanti segera kami kirim.
 09/02/2012 08:20
 farrida
Trmksh infonya. Saya dari Kantor Pengelola Arsip dan Barang Daerah Kota Blitar - Jatim. Pada bulan April 2012, kami berencana mengadakan sosialisasi kearsipan berarti untuk mengundang bp. Kepala Arsip UGM kami layangkan surat resmi beserta Kerangka Acuan Kerja Kegiatan ya ?? Trus alamat tujuan surat langsung kpd Ka. Arsip UGM/ Rektor UGM ?
Dapat langsung ke Kepala Arsip, lewat e-mail: arsip@@ugm.ac.id atau lewat fax 0274 582907.
 08/02/2012 09:39
 farrida
yth pengelola web, mhn info. Apakah Bp. Kepala Arsip UGM juga berkenan menjadwalkan untuk hadir jika diundang sebagai naarasumber kegiatan Sosialisasi Kearsipan di luar Jogjakarta ?
Bapak Kepala Arsip UGM sudah sering diundang sebagai narasumber, tidak hanya di Jawa tetapi juga sampai ke luar Jawa. Saya kira beliau berkenan, silahkan hubungi langsung beliau.
 02/02/2012 18:11
 osa
gimana cara penyimpanan arsip berupa Surat Keputusan yang benar?apa kah tidak boleh menggunakan perforator dan ordner?
Memang tidak ada larangan melobangi kertas dan menyimpannya di Ordner, tetapi karena SK merupakan bukti legal, sebaiknya tidak perlu dilubangi dan dapat disimpan per berkas dalam folder sesuai dengan sistem yang digunakan.
 25/01/2012 19:41
 HALDA
tolang babtu sy dalam membuat daftar pencarian arsip
Silahkan berkunjung ke Arsip UGM.
 21/01/2012 21:39
 kiki
gimana cara membedakan sistem kearsipan yang digunakan dalam organisasi/instansi????
Biasanya dapat diketahui dari pengendalian arsipnya. Kalau menggunakan buku agenda, sering disebut sistem agenda. Kalau menggunakan kartu kendali (biasanya rangkap 3-4 dengan warna berbeda) sering disebut SKPD (Sistem Kearsipan Pola Baru). Tetapi di Indonesia ada juga yang setengah-setengah (walaupun tidak lazim), ya pakai agenda, ya pakai kartu kendali.
 20/01/2012 21:40
 Ria
numpang tanya, saya lulusan siswa SMK, pngen ngelanjutin study kearsipan di UGM. pertanyaannya, apakah soal2 nya nanti sama dengan fakultas-fakultas lain ?
Soal-soal untuk masuk ke Diploma Kearsipan, Sekolah Vokasi, UGM, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Pengetahuan Umum.
 16/01/2012 23:37
 yudi suhartono
yth admin, saya seorang PNS. dikantor saya bertanggung jawab terhadp pengelolaan arsip baik visul mauoun dokumen. Saya mau tanya, apakan kami bisa belajar mengenai pengelolaan arsip selama satu hari di arsip UGM. terima kasih
Silahkan Pak mengajukan surat permohonan resmi ke kantor kami. Kami akan senang berbagi dan menerima Bapak.
 14/01/2012 17:29
 fonny
mohon diberi info bimtek kearsipan kapan dan dimana saja sepanjang tahun 2012.
Untuk pertengahan Tahun 2012 ini memang kami telah mem-program-kan bimtek internal (untuk lingkungan UGM) saja, dengan topik "Manajeman Records Center", "Prosedur Penyusutan Asip", dan dan sosialisasi "Jabatan Arsiparis". Nanti kalau kami menyelenggarakan bimtek eksternal akan segera kami hubungi. trims
 13/01/2012 21:41
 farrida
Terimakasih utk jawabannya. Kemudian mengenai penataan arsip foto sarana apakah yang dipergunakan ? Roll o'pact dan bokskhusus arsip foto / sarana lainnya ? apakah sudah menggunakan aplikasi untuk penelusuran/penemuan arsip ? (baik arsip inaktif maupun statis )
Untuk sarana arsip foto, kami menggunakan amplop dan boks khusus arsip foto serta almari simpan. Untuk temu balik /finding aids-nya (termasuk arsip foto) dapat menggunakan DKA (untuk pencarian arsip secara manual) atau secara online menggunakan SiKS. Silahkan coba SiKS kami di web ini.
 10/01/2012 19:53
 andre
jadilah yang selalu terdepan
Setuju dan doakan aja....
Hlm. First | Prev | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | Next | Last |
 Pencarian Arsip (SiKS)
SIKS
 UGM in Memories

15 April 1995

Penganugerahan Doktor HC kepada Dr. Ir. Ginandjar Kartasasmita

19 April 1965

Peringatan Pantja Warsa Balai Pembinaan Administrasi UGM

26 April 1971

Persetujuan Penggunaan Tanah UGM di Demangan untuk Yayasan Hatta

 Buku Tamu
05-04-2014 13:31
mulyanto: assalamualaikum....maaf mohon diberikan contoh tentang membuat kebijakan akuisisi sebuaj arsip....trimakasih...
03-04-2014 15:04
sarbani: Inems itu program persuratan yang ditujukan langsung ke pejabat yang bersakutan. Instansi kami surat tersebut diminta untuk dibuatkan kedali dan kartu disposisi padahal kami yang bertugas persuratan hanya diberi cetak print yang tidak berwarna (cap stempl basah). ini sama saja kami diberi kopi surat. Bagaimana solusi tentang Inems tersebut. Terima kasih
02-04-2014 09:26
abdul mufid: mohon informasi tentang pelatihan kearsipan. apakah perorangan bisa belajar atau pelatihan tentang pengelolaan arsip, hal-hal yang berkaitan dengan arsip di arsip UGM?bagaimana prosedurnya dan apakah ada biaya yang harus di tanggung peserta? terima kasih
more...
Nama
Email
Pesan 
 
              
              
   353,569 visitors
2014 © Arsip Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Gedung L3 Lantai 3 Komplek Perpustakaan UGM, Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 6492151, 6492152, Fax. (0274) 582907, Email. arsip[at]ugm.ac.id